Perguruan Seni Beladiri Mardha Yudha Dalam Bingkai Sejarah

Kali ini saya akan memaparkan tentang sejarah PSBD Mardha, Mungkin data-datanya kurang akurat karena sesuai dengan pengetahuan saya yang masih kurang tentang sejarah Mardha Yudha, Apabila dalam tulisan saya nanti ada kekurangan atau ada yang salah, mohon teman-teman bisa mengkoreksinya.

MAKNA DARI KATA MARDHA YUDHA 

Alm. Guru Mardhanie Mahna

Perguruan Pencak Silat Mardha Yudha adalah nama Perguruan Pencak silat yang di dirikan oleh : Mardhanie Mahna yang didirikan di Amuntai pada tanggal 17 September 1987. Adapun arti dari kata Mardha Yudha berasal dari dua kata Mardha dan Yudha, Dapat didefinisikan sebagai berikut:
Mardha : Berasal dari nama pendirinya (MARDHANIE)
Yudha : Berasal dari bahasa sangskerta yang berarti “PERANG” (Suatu Kegiatan cara pembelaan diri)
Jadi mardha yudha adalah suatu arena latihan pembelaan diri yang dibangun oleh mardhani mahna (Pendiri).
Secara lebih khusus Dapat diartikan bahwa didirikannya perguruan Pencak silat Mardha yudha: suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk membentengi diri dari serangan, tantangan dan hambatan serta keinginan jahat dari orang lain.


 PERKEMBANGAN MARDHA YUDHA

Tidak banyak yang penulis Tau tentang perkembangan Mardha Yudha di Kalimantan, itu karena kurangnya referensi yang merujuk ke Perguruan Mardha Yudha.


1. Perkembangan Mardha Yudha di IAIN Antasari
 
Dalam Perkembangannya PPS Mardha Yudha Amuntai melahirkan murid-murid yang mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap perkembangan Pencak Silat di Kalimantan, diantaranya yaitu Guru H. Awang Fathuddin Hasan, S. Ag. (saat ini merupakan pemegang Sabuk Hitam 4) yang merupakan angkatan II PPS Mardha Yudha Amuntai. Dalam perjalan beliau (Gr. H. Awang Fathuddin Hasan, S. Ag.) setelah menyelesaikan pendidikan beliau di sebuah MA di Amuntai, beliau hijrah ke Banjarmasin untuk meneruskan studi di IAIN Antasari Banjarmasin di Fakultas Dakwah. Disinilah untuk pertama kalinya Mardha Yudha melebarkan sayapnya pada tahun 1988 dengan izin Rektor IAIN Antasari saat itu berdirilah PPS Mardha Yudha Fakultas Dakwah dengan status sebagai cabang dari PPS Mardha Yudha Pusat Amuntai. Di awal tahun 1991 PPS Mardha Yudha Fakultas Dakwah resmi dijadikan sebagai Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Institut sampai saat ini. 


Guru Awang Fathuddin Hasan


2. Perkembangan Mardha Yudha di FKIP UNLAM Banjarmasin

PPS Mardha Yudha juga pernah berkembang di FKIP Unlam tapi sangat di sayangkan saya tidak memiliki referensi/cerita dari senior di PSBD Mardha Yudha.
Awal Mula PPS Mardha Yudha didirikan oleh Bpk. Abdus Said. Tapi dalam perjalanannya Perguruan Mardha Yudha di FKIP Unlam tidak mampu bertahan sampai sekarang (Sudah aktif lagi).

3. Perkembangan Mardha Yudha Di Rantau (Binuang/Hatungan)

Perguruan Mardha Yudha melebarkan sayapnya di Binuang yang didirikan oleh Guru M. Noor yang dulunya berlatih Silat di Cabang PSBD IAIN Banjarmasin, tidak banyak yang bisa saya tau tentang perkembangan Perguruan Silat Mardha Yudha di sana. Yang Pasti perkembangan Mardha Yudha di sana sangat baik, dan berdiri hingga sekarang.

Guru M. Noor





4. Perkembangan Mardha Yudha di Tanah Laut (Penyipatan)

Dalam perkembangannya PSBD Mardha Yudha melebarkan sayap ke daerah Tanah Laut atau lebih tepatnya di SMAN 1 Penyipatan yang didirikan oleh Abda Haris Suriani, yang dulunya juga berlatih di cabang PSBD Mardha Yudha  IAIN Antasari Angkatan 2005.
 
Pada tanggal 17 Juli 2009 PSBD Mardha Yudha di Penyipatan didirikan dengan nama PPS Mardha Yudha  SMAN 1 Penyipatan  yang kala itu  masih berstatus sebagai Ranting dari PSBD Mardha Yudha IAIN Antasari Banjarmasin. Oleh Guru Madya (Guru H. Awang Fathuddin Hasan, S. Ag: hasil Musyawarah Besar Mardha Yudha se Kalsel di IAIN Antasari) pada tanggal 5 Desember 2010 pada ujian II yang telah diikutii PPS Mardha Yudha SMAN 1 Panyipatan diberi status sebagai Ranting Istimewa.

Di tahun 2011 tepatnya tanggal 5 Februari saat Kenaikan Sabuk III nama  dan status Perguruan kembali diubah menjadi Perguruan Seni Bela Diri Mardha Yudha Cabang SMAN 1 Panyipatan berdasarkan persetujuan Guru H. Awang Fathuddin Hasan, S. Ag.

PSBD Mardha Yudha Cabang SMAN 1 Penyipatan perkembangan sangat signifikan, dan sudah mencetak pendekar-pendekar Mardha Yudha yang mumpuni.

Abda Haris Suriani




5. Perkembangan Mardha Yudha di Tanah Bumbu 

Perguruan Pencak Silat Mardha Yudha melebarkan sayapnya di Tanah Bumbu yang didirikan oleh Antung Mursidi, Tak banyak yang saya tau tentang perkembangan Mardha Yudha di sana, yang Pasti Perkembangannya sangat Signifikan, ini dibuktikan dengan berprestasinya Atlet-altet silat binaan pelatih Mardha Yudha di Tanah Bumbu. Pendiri (Antung Mursidi) dulunya berlatih di Cabang PSBD Mardha Yudha IAIN Antasari Angkatan 2006.


Antung Mursidi




Demikian Postingan kali ini, semoga bermamfaat. Mohon kritik dan sarannya demi kesempurnaan Artikel ini.

HIDUP MARDHA YUDHA









1 Response to "Perguruan Seni Beladiri Mardha Yudha Dalam Bingkai Sejarah"

Facebook

animasi-bergerak-sepeda-motor-0029