Cara Mudah Bikin Blog di Blogspot

Membuat sebuah Blog itu menurut saya pribadi lebih mudah di Blogspot dan Buatnya pun Gratis tentunya (tidak berbayar). Di Blogger memiliki tool yang banyak dan bervariasi kalau di bandingkan dengan Wordpress. Jadi Sobat Bisa berkreasi dengan bentuk Blog (Themanya). Keuntungan dari Blogspot adalah cepat terindek di Penelusuran Google di karenakan Blogspot adalah salah satu Produk dari Google sendiri. Oke ! kali ini saya akan memberikan sebuah toturial sederhana tentang cara membuat sebuah Blog di Blogspot. Marilah simak langkah-langkah yang harus Sobat lalui.

1. Buat Email di Gmail terlebih dahulu

 Kalau Sobat belum tahu cara Cara membuat Email di Gmail. Caranya cukuplah mudah dan banyak Toturial yang diberikan oleh Blog-blog ternama (master). Tinggal Search saja di penelusuran google. Kalau belum punya Email Gmail silakan Sobat Klik di Tautan ini

2. Terlebih Dulu Masuk ke Blogger

Setelah mendaftar di Gmail seterusnya masuk lah di Situs : https://www.blogger.com atau Klik Link ini


Maka Sobat akan masuk di Blogger (Liat gambar di bawah ini). Seterusnya masukkan alamat email yang sudah Sobat buat tadi, Klik Berikutnya.  Setelah itu masukkan passwordnya dan langsung Log In

3. Buat Blog Baru

Setalah Sobat Log In di Blogspot maka akan muncul tampilan seperti di Bawah ini ! Seterusnya Klik Blog Baru.

Zoom Gambar ini

Setelah mengklik Blog baru maka akan muncul tampilan yang terlihat seperti gambar di bawah ini (klik Gambar untuk Zoom).
Pertama : Buatlah judul blog yang sobat inginkan, bisa pakai nama sendiri atau sesuai minat sobat.
Kedua : Buatlah Alamat blogmu Pada kolom ini anda bisa memilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang lain, misal ayampenyet.blogspot.com dan sebagainya.  Jika sudah dipesan orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning. Tapi kalau terlihat pada gambar di atas (disana ada tanda centang biru) berarti alamat yang sobat bikin sudah benar. Jika sudah begitu lanjutkan ke step berikutnya.
Ketiga: Pilih Template (pilih sesuka hati) Tampilan beberapa gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu nantinya. Buat Sobat yang pengin tampilan blog anda lebih menarik lagi, bisa Sobat membelinya di blog Sugeng Id dan Blog Maskolis atau pakai template gratisan dari master-master tadi.
Terakhir  Klik ‘Buat Blog’ – Ini untuk men-save nama dan tampilan yang sudah dipilih dan blog gratisan sederhana anda pun telah jadi.

4. Ayo Menulis

Gimana cara .. liat gambar berikut

I. Masuk ke halaman penulisan (Klik Entri Baru)
Catatan : Silahkan anda klik tombol warna oranye yang bergambar pensil tersebut untuk mulai posting article,
Atau klik icon tanda panah kecil untuk memilih beberapa pengaturan, misal ‘Pos‘ untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, ‘Laman‘ untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, ‘Komentar‘ untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan ‘Statistik‘ untuk melihat jumlah pengunjungnya per hari, minggu atau bulan. Setelah masuk di bagian itu, anda juga masih bisa melihat tombol pos atuu membuat artikel baru di bagian kiri samping yang juga tulisannya oranye.

II.  Mulai mempublish/posting


Pertama: Pada kolom Judul Pos isi dengan judul artikel yang akan kamu publikasikan, usahakan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang kamu ingin bahas agar mudah terindeks oleh google.

Kedua :
Tulislah artikel sobat di halaman putih, dan hal ini cukup mudah di operasikan kalau sobat sudah lancar menggunakan microsoft word.

Ketiga: Tombol kuning dengan tulisan ‘Publikasikan’ adalah yang harus sobat klik maka artikel/tulisan sobat bisa online dan dibaca semua orang.

 

Kesimpulan


Membuat sebuah Blog adalah sebuah langkah awal Sobat untuk menjadi Blogger yang handal, dan jangan Lupa Buat Postingan yang banyak ya Sobat. Setelah membuat sebuah Blog kita harus mengisinya dengan artikel yang menarik dan punya nilai guna bagi pembaca di dunia Maya. Bagaimana artikel berkualitas itu? Klik disini. Dan hal yang sering terjadi pada Blogger pemula yaitu seringnya gonta ganti theme (template. untung aja gak Gonta ganti pasangan. Mungkin ini sindrom yang sering di alami oleh seseorang Blogger pemula dan hal tersebut juga saya alami. (Baca Tentang : Mas Template Bikin Bingung)

0 Response to "Cara Mudah Bikin Blog di Blogspot"

Posting Komentar

Facebook

animasi-bergerak-sepeda-motor-0029