SEKILAS TENTANG PERTANIAN


Sekilas Mengenai Pertanian

Bercocok tanam merupakan suatu usaha yang menjanjikan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi. Tiap hari manusia membutuhkan makan, baik itu berupa buah-buahan, ubi-ubian, sayur-mayur, dan lain-lainnya. Dan kenyataannya di zaman moderinisasi ini banyak orang-orang yang beralih profesi yang dulunya petani atau anak-anak petani menjadi karyawan perusahaan, pegawai pemerintahan, PNS, DPR dan lain sebagainya. Sehingga banyak lahan yang tak tergarap dan akhirnya beralih fungsi menjadi perumahan seiring pertumbuhan penduduk yang semakin padat.
Semakin banyak penduduk maka semakin banyak juga komsumsi dari hasil pertanian dan buka rahasia lagi harga beras semakin hari semakin mahal. Sesuai dengan prinsip ekonomi semakin sedikit barang maka semakin mahal harganya. Jadi semakin sedikit yang dihasilkan petani maka akan semakin mahal harga produksinya di pasaran.
Perubahan lahan pertanian menjadi perumahan atau alih fungsi akan mengakibatkan menyempitnya lahan pertanian dan sudah tentu hasilnya akan berkurang. Maka tak heranlah pemerintah mengimpor beras dari Negara lain. Ironis memang, Negara yang dulunya bersembada pangan menjelma menjadi Negara pengimpor beras.
Oleh sebab itu perlu terobosan mutakhir dibidang pertanian oleh pemerintah, baik dalam teknologi pertanian, pendampingan ahli pertanian, subsidi, alat-alat traktor, perontok padi dan lain-lainnya. Dapat kita lihat saat ini pertanian di negeri kita masih banyak menggunakan alat-alat tradisional.
Penyuluhan dari para pakar dibidang pertanian sangatlah perlu untuk meningkatkan produksi dan penanggulangan hama-hama tanaman yang sewaktu-waktu dapat menyerang tanaman. Contohnya serangan ulat, wereng, tikus dan lain-lainnya.


Sawah




0 Response to "SEKILAS TENTANG PERTANIAN"

Posting Komentar

Facebook

animasi-bergerak-sepeda-motor-0029